Sekda membuka acara pendidikan dan Pelatihan bagi bendahara BOS untuk SMK, SMA, SKH dilingkungan Prov Banten

Sekda membuka acara pendidikan dan Pelatihan bagi bendahara BOS untuk SMK, SMA, SKH dilingkungan Prov Banten

Pandeglang- Sedikitnya 40 Bendahara Sekolah SMK/SMA/SKH di Lingkungan Pemprov Banten mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pengembangan Kompetensi Bendahara Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Diklat dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar  di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Karang Tanjung, Pandeglang, Kamis (04/08/2019).

Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar mengatakan Pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik merupakan kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, oleh karena itu prinsip transparansi dan akuntabilitas pertanggungjawaban keuangan yang disusun secara akurat harus terus kita pertahankan.

“Oleh karenanya, kelola betul itu (BOS) dengan baik, kedepankan prinsip akuntabilitas, efektifitas, efisiensi dan seterusnya, karena ini bagian dari parameter kita menyelenggarakan dalam rangka good government dan clean government yang itu merupakan keharusan dari kita sebagai ASN dalam melaksanakan tugas yang diamanatkan kepada kita,” kata Al sapaan akrab Sekda Banten.

Menurut Sekda, sejak memasuki era otonomi daerah, tantangan pembangunan yang dihadapi daerah semakin kompleks. Tantangan tersebut bukan hanya sekedar tuntutan masyarakat akan kebutuhan pembangunan fisik semata, melainkan juga tuntutan akan semakin meningkatnya kualitas pelayanan pendidikan khsususnya di bidang administrasi pelayanan di sekolah-sekolah.

“Saat ini pemerintah hadir dengan segala programnya termasuk program BOS ini dan kita pemerintah daeraah memiliki BOSDA sendiri. Oleh karenanya itu betul-betul membutuhkan satu pengawalan secara administratif, perencanaan yang baik, sehingga apa yang kita gulirkan secara pembiayaan itu benar-benar akan memberikan manfaat bagi masyarakat banten, dan kita penyelenggaran pemerintahan terhindar dari persoalan-persoalan administratif yang berakibat ke persoalan hukum,” jelas Sekda.

“Pak Gubernur dan Wakil Gubernur sangat concern, peduli dan memprioritaskan bagaimana pengembangan sumber daya manusia kedepan, termasuk bagian dari agenda prioritas kita adalah memajukan dunia pendidikan di provinsi banten,” sambungnya.

Sekda berharap kesempatan ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh peserta diklat agar kedepan tidak terjadi permasalahn dalam pengelolaan dana BOS di sekolah, karena Pemprov Banten saat ini sedang fokus meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Banten

 

“Bagi ibu dan bapak yang hari ini akan mengikuti pendidikan dan pelatihan untuk kita harapkan semaksimal mungkin mendukung agenda kerja dalam upaya kita meningkatkan mutu pendidikan di provinsi bante,” ujarnya.

“Kita ingin menjalankan tugas, mandat negara kepada kita, karena sekecil apapun peran kita, kita harus amanah dalam menjalankan itu. Kita harus saling mengingatkan, sehingga kita terhindar dari hal yang lain-lain,” lanjut Sekda.

 

Kepala BPSDMD Banten Endrawati mengatakan tujuan diklat bendahara BOS ini untuk menumbuhkembangkan pengetahuan dan kompetensi ASN dalam rangka mengelola pertanggungjawaban keuangan sekolah/bendahara sekolah sesuai aturan yang berlaku.

“Diklat akan digelar dari tanggal 4 sampai dengan 11 Juli 2019. Kegiatan ini dapat menjadi motivasi dan semangat bagi Pemerintah Daerah terutama sekolah untuk ke depan agar komitmen kita semua untuk dapat mewujudkan pemerintahan yang bersih dan tata kelola yang baik,” ucap Endrawati.

Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again