Pimpin Rakor Tim Pembina Samsat, Sekda Harapkan Kordinasi Untuk Tingkatkan PAD

Pimpin Rakor Tim Pembina Samsat, Sekda Harapkan Kordinasi Untuk Tingkatkan PAD

Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar membuka Rapat Koordinasi  Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) tahun 2019 bersama jajaran Kepolisian dan PT Jasa Raharja di Aula Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Selasa (12/11/2019).

Sekda mengatakan upaya peningkatan pendapatan daerah bukan hal yang mudah, banyak tantangan baik dari internal pemerintahan maupun eksternal dalam hal ini masyarakat selaku wajib pajak. Untuk  menjawab tantangan tersebut, perlunya peningkatan koordinasi dan kerjasama semua pihak.

“Apabila kita kerjakan bersama-sama sesuai dengan fungsi dan otoritas  masing-masing, dan ini adalah makna tertinggi dari sebuah koordinasi,” ujar Sekda.

Sekda menegaskan, harus disadari bersama bahwa maju mundurnya kinerja Samsat di Banten sangat tergantung dari tiga komponen yang terlibat di dalamnya yaitu dari BapendaPolda Banten dan juga dari PT Jasa Raharja Banten.

“Alhamdulillah , seperti yang dilaporkan oleh kepala badan pendapatan bahwa kerjasama yang dibangun telah banyak membuahkan hasil  dan kita akan terus mengupayakan itu sebagai upaya kita untuk membangun Provinsi Banten,” ujarnya.

“Apabila ada hal-hal yang perlu disesuaikan pemerintah Provinsi Banten siap memfasilitasi dan melakukan langka-langkah koordinasi untuk memaksimalkan target kinerja kita,” lanjut Sekda.

Ia pun berharap dari rapat koordinasi ini bisa menghasilkan rekomendasi membuat inovasi untuk Samsat dan Masyarakat.

“Dengan biaya dari pajak dan retribusi dari masyarakat kita akan gunakan sebesar-besarnya bagi rakyat  dan kita akan amanah menjalankan hal tersebut,” imbuhnya.

Sekda menambahkan bahwa APBD Provinsi Banten  yang digunakan untuk belanja aparatur sipil negara kurang dari 20 persen  dan ini sangat baik dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang pembelanjaan aparaturnya bisa mencapai 50 peresen.

Selain dihadiri Sekda, rakor sendiri dihadiri langsung Direktur PT Jasa Raharja Cabang Banten, Wakapolda Banten, Kepala Bapenda Provinsi Banten Opar Sochari, Dirlantas Polda Banten, dan seluruh Kepala UPT Samsat se-Provinsi Banten.

Dalam laopranya Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi Banten Opar Sohari mengatakan rapat tim Pembina Samsat  Provinsi Banten tahun 2019  mengambil  tema “Sinergitas rencana program kerja tahun anggaran 2020”

“Kegiatan ini dilaksanakan  dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergitas kerjasama pemerintah Provinsi Banten  melalui badan pendapatan daerah  Provinsi Banten bersama kepolisian daerah Banten, Kepolsian daerah metro jaya, PT.Jasa Raharja Cabang Banten,” kata Opar.

Share :

Add New Comment

 Your Comment has been sent successfully. Thank you!   Refresh
Error: Please try again